Serba Serbi IELTS

Hallo!

IELTS adalah International English Language Testing System. IELTS ini sudah menjadi syarat wajib bagi kita untuk melamar postgraduate study di UK university. Biasanya minimum requirement IELTS untuk postgraduate study bervariasi antara 6-7, bahkan di Cambridge minimumnya 7.5. Saat kuliah di Indonesia, mungkin istilah IELTS ini sangat jarang didengar, karena tes kemampuan bahasa inggris yang umum dilakukan di perguruan tinggi dalam negeri adalah TOEFL. Seberapa pentingkah tes IELTS? Bagaimana cara daftarnya? Susah engga sih? Apa saja yang perlu dipersiapkan? Bagaimana prosesi tesnya? Apa saja tips dan trick-nya?

Kalau kamu mau mendaftar beasiswa untuk melanjutkan kuliah ke UK atau Australia, wajib hukumnya mengikuti tes yang satu ini. Meskipun beasiswa hanya mensyaratkan TOEFL, menurut hemat saya sih sekalian saja tes IELTS. Toh juga saat melamar universitas nanti harus mencantumkan nilai IELTS. Maksudnya biar ga dobel tes-nya, jadi sekali aja susahnya.😀 Jadi, IELTS ini penting banget! Apalagi kalau kamu mau melanjutkan kuliah ke Inggris atau Australia, nilai IELTS ini layaknya investasi. Karena saking pentingnya, untuk mempersiapkan tes ini akan memakan banyak waktu, tenaga dan biaya. Apa saja sih persiapan yang harus dilakukan untuk IELTS ini?

Yang pertama, tentunya BELAJAR. Untuk memperoleh skor IELTS yang bagus, kuncinya hanya satu, kedisiplinan. Yah kita harus membiasakan disiplin belajar dan mengerjakan latihan soal tiap hari. At least 2 jam setiap hari selama 3 bulan. Itu sudah cukup sekali. Kalau teman-teman kesulitan belajar sendiri, bisa mengikuti bimbingan/les IELTS di TBI / IALF. Kalau saya pribadi, saya lebih mudheng belajar sendiri. Sempat ikut les, tapi ujung-ujungnya bosan, akhirnya malah belajar sendiri. Tapi itu kembali lagi ke preferensi belajar masing-masing orang yaa. Kalau mau belajar sendiri, berikut buku yang aku rekomendasikan untuk dipelajari:

1. Cambridge Vocabulary for IELTS

2. Cambridge Grammar for IELTS

3. Cambridge English Vocabulary in Use (Upper Intermediate – Advance)

4. Cambridge Grammar in Use (Upper Intermediate – Advance)

5. Cambridge Practice Test for IELTS vol. 1-9

Membeli semua buku ini memang bikin kantong kering sekering gurun sahara di musim kemarau. Tapi, kalau dibandingkan hasil yang didapatkan, nanti hasilnya jadi sebanding🙂 Persiapan belajar yang saya lakukan, untuk dua bulan pertama, saya belajar buku no 1-4. Untuk bulan ketiga, saya latihan soal dari buku no 5.

Yang kedua, MENDAFTAR. Ada dua penyelenggara tes IELTS di Indonesia: British Council dan IDP. Kebanyakan sih temen-teman saya yang akan apply ke universitas UK, tes-nya di British Council, sedangkan yang Australia tes di IDP. Tapi itu hanya sekedar preferensi saja ya. Hehehe. Teman-teman bisa apply di salah satu tempat itu. Jadwal tes IELTS biasanya sudah ditentukan untuk periode setahun ke depan. Pendaftarannya ditutup 2 minggu sebelulm tes berlangsung. Jadi, jangan sampai terlewat ya mendaftarnya. Kalau bisa sih sebulan sebelumnya sudah mendaftar, agar tempatnya masih banyak available. Biaya pendaftarannya GBP 120. Kalau dikurs-kan saat ini kurang lebih 2.4 juta rupiah ya. Karena ongkos tesnya mahal, belajarlah dengan rajin sebelumnya. Hehehe.

Yang ketiga, BERDOA. Berdoa itu penting banget sob. Banyak-banyak mendekatkan diri pada Tuhan YME. Kalau niat kita baik, pasti akan diberikan kemudahan dalam mengerjakan soal. Jangan lupa minta restu dari Bapak Ibu, doa dari Bapak Ibu juga sangat ampuh.

Yang keempat, ISTIRAHAT. Yak, sehari sebelum tes IELTS adalah masa kita istirahat mempersiapkan stamina untuk besok. Yang bekerja, ada baiknya mengambil cuti pada hari itu. Intinya jangan terlalu capek, makan yang cukup, istirahat yang banyak dan berdoa yang banyak. H-1 sebelum IELTS adalah hari untuk tidur, makan dan berdoa. Lebay banget, tapi iya saat itu aku sampe ambil cuti untuk istirahat.

Nah, tiba saatnya hari yang dinanti. Tes ini akan berlangsung seharian penuh. Saran saya: datang lebih pagi, bawa bekal roti, air putih dan kopi (jaga-jaga kalau tiba-tiba ngantuk). Sebelum tes, kita akan dipanggil satu-satu untuk foto dan verifikasi ID. Setelah itu, tas diletakkan di luar dan dimulailah tes pada pukul 9.

Tes pertama, LISTENING. Menurut saya ini tes yang paling mudah diantara keempat tes IELTS. Tips saya untuk listening ini, dengarkan baik-baik dan konsentrasi penuh pada percakapan yang ada. Jangan sampai mikir yang lebih jauh tentang percakapan itu. Cukup dengarkan saja. Listening di IELTS relatif lebih mudah daripada TOEFL. Tips untuk sesi listening ini: dengar baik2, konsentrasi, jawab pertanyaan berurutan.

Tes kedua, READING. Menurut saya, tes ini yang paling susah karena text-nya panjaaang sekali, dan kita dituntut konsentrasi penuh. Disini baru terasa pentingnya istirahat sehari sebelumnya, karena tes membaca ini terasa sangat susah untuk orang yang mudah bosan seperti saya. Tips untuk sesi reading ini: konsentrasi, jika ada kata yang tidak dimengerti lewati saja, dan jangan tiba-tiba melamun (aku banget ini T.T).

Tes ketiga, WRITING. Menurut saya tes ini lebih mudah dibanding reading, karena disuruh mengarang saja. Hehehe. Dari kecil, saya memang paling suka disuruh mengarang. Tips saya sih, pelajari tipe-tipe essay IELTS, kata penghubung, kata pembanding, dan frase-frase lain yang sering digunakan dalam essay IELTS. Itu sangat membantu sekali.

Tes keempat, SPEAKING. Menurut saya tes ini gampang-gampang susah. Lebih seperti wawancara sih. Deg-degan hebat awalnya, trus begitu diwawancara ya lancar-lancar saja. Tipsnya: PD saja, ga usah terlalu memperhatikan grammar tidak apa-apa, yang penting pembicaraanmu dengan pewawancaranya nyambung. Kadang ada kata-kata menjebak, seperti saat itu pewawancara bilang ‘hospitality’, kalau kita salah dengar atau ga tahu, mungkin kita mengiranya ‘rumah sakit’. Padahal artinya bukan itu.

Yah, itu saja sih serba-serbi IELTS dari saya. Untuk teman-teman yang sedang mempersiapkan IELTS, semangat ya!

 

Cheers,

NPAN

2 thoughts on “Serba Serbi IELTS

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s