Hari Suci Tilem

Halo,

Ini post pertama saya yang mengupas topik keagamaan. Bukannya sok religius, tetapi mendekatkan diri pada Tuhan tidak ada salahnya bukan?🙂

Karena hari ini bertepatan dengan perayaan Hari Suci Tilem, saya akan membahas makna Hari Suci Tilem ini bagi umat Hindu. Tilem adalah malam tanpa adanya sedikit pun cahaya bulan di langit. Tilem datang dua belas kali dalam setahun dan merupakan bagian dari siklus Purnama-Tilem. Melalui siklus ini, alam mengajarkan manusia tentang adanya kejahatan dan kebaikan, ada yang gelap dan yang terang, atau lebih dikenal dengan Rwa Binneda (dua sisi yang berbeda). Keduanya berputar mengelilingi kehidupan manusia secara berkala dan tak pernah berhenti. Kalau dilihat filosofi-nya, pada saat bulan purnama, alam mengajarkan manusia untuk tidak terlalu terlarut dalam kesenangan yang melenakan. Pada saat bulan tilem, alam mengajarkan pada manusia yang sedang dalam keadaan terpuruk untuk segera bangkit karena akan ada cahaya menyambut di depan.🙂

Umat Hindu menyambut Hari Suci Tilem dengan membersihkan jiwa dan raga. Umumnya umat Hindu menghaturkan canang sari dan daksina di pelangkiran atau pelinggih di rumah. Namun saya, karena merantau dan tidak punya seperangkat bahan-bahan canang, akhirnya tidak menghaturkan canang. Di pura dekat rumah juga tidak ada yang jual canang kalau purnama tilem. Jadi untuk menyambut Hari Suci Tilem ini, yang saya lakukan biasanya puasa, berjapa dan membaca sloka (dan sembahyang tentunya🙂 ). Saya tahu, cara saya ini tentunya masih jauh dari sempurna, namun saya mencoba sebaik mungkin untuk mendekatkan diri pada Hyang Widhi.🙂

Bagaimana kalian memaknai Hari Suci Tilem?🙂

Cheers,

NPAN

Leave a Reply

