Rujak Kuah Pindang

Rujak kuah pindang adalah salah satu kudapan yang paling populer di Bali, terutama di Denpasar. Karena setahuQ, di Bali Utara jarang yang menjual rujak kuah pindang. Mungkin bagi sebagian orang yang belum pernah mencoba kenikmatan rujak kuah pindang ini pasti kaget, ” apaan sih, rujak kok bumbunya kaldu pindang, pasti amis..” (ini salah satu komen temenku waktu kuceritain).

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat rujak ini antara lain kaldu pindang (lebih enak pakai tongkol putih), cabe, garam, dan terasi. Untuk buahnya biasa memakai buah mangga, nanas, bengkuang, timun, kedondong, dan pepaya. Tapi aku lebih suka rujak kuah pindang dengan buah mangga aja.

Yang khas dari rujak ini yaitu mangganya dipotong tipis-tipis sekali. Makin tipis, makin enak. Dan yang lebih khas lagi adalah aromanya. Gila,, bener-bener bikin ngiler. Favoritku ” Rujak Kuah Pindang Mangga Tanpa Gula”.

Sensasi yang dirasakan ketika aku makan ” Rujak Kuah Pindang Mangga Tanpa Gula”:
– Pertama yang kuhirup adalah aromanya, aroma kuah pindang yang menyatu dengan aroma cabai, terasi, dan irisan tipis mangga, seperti aroma ketika kita duduk di pantai menikmati angin yang sepoi-sepoi.
– Rasa kuah pindang yang menyatu dengan terasi dan cabai seringkali membuatku speechless. Bener-bener kombinasi yang tepat. Suatu rasa kompleks yang bisa disapatkan dari bahan sederhana.
– Rasa masam buah mangga yang telah bercampur dengan kuah pindang juga memberikan sensasi tersendiri. Rujak ini lebih enak jika dimakan dengan buah mangga yang mentah dan masam.
– Aku ga pernah mau diajak ngobrol kalo lagi makan rujak ini. Aku sangat menikmatinya hingga tetes terakhir.. Halah,,,

Emang bener, rujak ini emang enaakk banget. The first thing that i must buyed in Bali ya rujak kuah pindang ini. Gila, kalo ke Bali tu tiap hari aku beli rujak ini. Rujak kuah pindang paling enak yang pernah kurasakan itu yang di dekat Br. Pemeregan. Ga ada yang ngalahin..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s